Breaking News

Tuesday, October 16, 2012

Tips : Belajar Tusukan Dasar Merajut / Knitting or Crocheting

Print or PDF
Belajar memang tidak pernah selalu bisa instan, wew.. ribet banget kalimatnya. Yaah prosesnya itu (lama ataupun sebentar) sebaiknya di nikmati, sebisa mungkin jangan sampai kita jenuh untuk belajar, belajar apapun itu, setuju teman?? Dan untuk belajar, bukan hanya pelajar atau mahasiswa saja yang melakukannya, karena pada hakekatnya belajar itu adalah proses dari kehidupan. Entah itu belajar di sekolah, kampus, tempat kursus, bimbel, kita juga bisa belajar dari pengalaman. Kata orang pengalaman itu guru terbaik, heemhh.. saya rasa itu memang benar, contoh mudahnya kalau pernah pengalaman jatuh kita belajar untuk berdiri dan belajar agar tidak terjatuh lagi, nah itulah belajar dari pengalaman, bukankah begitu? Ada juga yang belajar secara otodidak, hanya dengan membaca dia bisa mempelajarinya lantas diapun bisa, ini salah satu tipe orang yang cerdas. Ada juga yang harus belajar dengan guru, hemmh mungkin saya tipe yang kedua, belajar dengan guru/ tutor/ teman atau yang lainnya. Setelah belajar sekali dua kali, mengetahui benar dan salahnya dulu kemudian saya coba kepakkan sayap sendiri, waaaah… melenceng nih hahaa.. btw biar saya gak terlalu panjang ceramahnya langsung aja ya kita belajar tusukan dasar pada rajutan. 

1. Chain stitch (Ch) 
Chain stitch atau biasa di sebut juga dengan tusuk rantai, dan Ch adalah kode untuk tusuk rantai ketika kita membaca pola crochet. Sebelum mulai merajut kita harus bisa tusuk rantai ini terlebih dulu, karena tusuk ini dasar yang paling dasar untuk merajut, For training, do it chain stitch more and more! 







2. Single Crochet (Sc)

Nah kalau tusuk yang ini adalah teknik kedua dalam membuat hasik rajutan, 


3. Double Crochet (Dc)
Ini adalah teknik berikutnya dalam merajut, dalam satu tusukan nanti terdapat 2 benang yang akan di simpul. Hemmh, gimana saya menerakannya ya, coba lihat gambar berikut aja deh, kata orang satu gambar dapat mengartikan 1000 kata, hheh 




4. Half Double Crochet (Hdc)
Hampir sama dengan Double crochet diatas, hanya saja mengurangi 1 tusukan, aah rasanya memang susah saya utarakan lewat kata-kata hhee.. langsung lihat gambarnya saja yaa insya allah lebih mudah di pahami disbanding rangkaian kata-kata dari saya (lebay mode on). 




5. Slip Stitch
Biasanya tusukan ini digunakan untuk menyambung atau mengakhiri rajutan. Nah ini dia gambarnya 






6. Simbol-simbol Dalam Pola Rajutan
Dan akhirnya… ini dia simbol-simbol yang kita bahas di atas, semoga dapat membantu teman-teman dalam belajar merajut yaa… (termasuk saya) 
Simbol-simbol dari tusukan diatas adalah : 













Sementara ini dulu tips belajar merajut dari saya, berhubung saya sendiri masih dalam proses belajar, hehe. Ini merupakan ilmu juga buat saya jadi mohon maklumnya yaa.. It’s okey, pada postingan selanjutnya nanti kita akan belajar merajut lagi,  see you next time. 



Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
SaLam SeManGat
FNU




__________________________________________________
sumber : rajutmerajut.com




2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...